Rabu, 23 Maret 2011

MERAKIT SEBUAH KOMPUTER PRIBADI (Personal Computer) dan MENGENAL KOMPONEN-KOMPONEN DIDALAMNYA

                         PENDAHULUAN
Perkembangan teknologi informasi yang cepat, terkadang membuat para pemakai terpancing untuk cenderung
mengikutinya, tanpa ada pertimbangan yang tepat dalam hal ketersediaan dana. Demikian pula dalam hal memilih hardware mana yang harus dibeli atau software apa yang paling utama untuk dapat memenuhi kebutuhan tersebut.Tulisan ini membahas komponen-komponen yang terpasang pada satu unit komputer, berikut pertimbangan untuk membelinya. Selain itu diuraikan pula informasi tentang kemampuan pada masing-masing komponen yang terpasang. 
Pada MB telah tersedia komponen yang onboard/internal maupun komponen offboard/eksternal. Komponen onboard mulai dikembangkan oleh perusahaan MB di era tahun 90an, dimana pada masa sebelumnya masih dalam kondisi offboard (mulai dari FDD, HDD controller VGA, SOUNDCARDS dan (MODEM). Dengan kondisi tersebut, maka harga 1 unit komputer masih tergolong sangat mahal. Seiring dengan perkembangan teknologi yang ada, maka dengan disertakan komponen tersebut
menjadi satu kesatuan dalam mainboard membuat harganya semakin terjangkau dan murah.
Memang ada keterbatasan pada mainboard yang menggunakan system onboard misalnya untuk VGA (Virtual
Graphics Adapter), Pada saat ini banyak program design graphics yang menuntut resolusi tinggi, sehingga dibutuhkan memory VGA yang tinggi pula. Pada VGA internal, maka kebutuhan memory harus mengambil dari memory yang ada pada SDRAM/DDRAM yang terpasang sehingga jumlah kapasitas terpasang harus dibagi untuk VGA tersebut, sehingga mengurangi jumlah RAM (Random Acces Memory) yang ada.
Kelemahan ini memang bisa diatasi dengan memperbesar SDRAM/DDRAM yang ada, tetapi terkadang menjadikan kerja CPU (Central Processing Unit ) tidak optimal, terlebih pada saat digunakan untuk membaca gambar yang memerlukan tingkat ketelitian yang tinggi. Komponen lain seperti SOUNDCARD, MODEM dan LAN CARD pada saat ini juga disatukan dengan Main board. Pilihan selanjutnya kepada user/pemakai apakah mau hemat atau tidak, tetapi harus diperhitungkan dengan tingkat kebutuhannya.
Bersambung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar